Indahnya Masjid Kubah Emas

Apa yang terlintas di pikiran kalian apabila mendengar kata Kota Depok? Kuliner? Kemacetan? Universitas Indonesia? Masjid Kubah Emas? atau bahkan Belimbing? Ya semua hal tersebut sangat berkaitan erat dengan kota yang menjadi penyangga Jakarta, yaitu Depok.

Kota Depok merupakan sebuah kotamadya yang resmi berdiri sejak 20 April 1999 dan terletak tepak di antara Jakarta – Bogor. Banyak hal yang menarik apabila berbicara mengenai Kota Depok, salah satunya adalah Masjid Kubah Emas.

Masjid ini dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, pengusaha asal Banten, yang telah membeli tanah ini sejak tahun 1996. Mulai dibangun sejak tahun 2001 dan selesai sekitar akhir tahun 2006. Dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006, bertepatan dengan Idul Adha yang kedua kalinya pada tahun itu. Dengan luas kawasan 50 hektare, bangunan masjid ini menempati luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi. Masjid ini sendiri dapat menampung sekitar kurang lebih 20.000 jamaah. Kawasan masjid ini sering disebut sebagai kawasan masjid termegah di Asia Tenggara (sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Dian_Al-Mahri )

Masjid Dian Al-Mahri
Masjid Dian Al-Mahri

Masjid Dian Al – Mahri atau yang lebih dikenal dengan masjid kubah emas ini terletak di Jalan Raya Meruyung, Limo Depok. Selain menjadi tempat ibadah umat muslim, kini masjid kubah emas menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi apabila datang ke kota Depok. Dari namanya saja kalian sudah pasti bisa menebak kenapa disebut dengan masjid kubah emas? Yup benar sekali..masjid ini memang dilapisi emas pada bagian kubahnya, 1 kubah utama dan 4 kubah kecil.

seluruh kubah dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik kristal dan yang paling unik apabila diperhatikan kubah masjid Dian Al-Mahri memiliki kesamaan dengan Taj Mahal yang berada di India.

Banyak akses untuk menuju Masjid Kubah Emas. Apabila kalian menggunakan kendaraan pribadi, bisa melalui jalan Raya Sawangan dan belok kiri dipertigaan Sawangan – Meruyung. Untuk yang menggunakan angkutan umum bisa naik angkot D03 Depok – Parung turun di pertigaan sawangan dilanjutkan angkot D102. Tidak dipungut biaya apapun untuk berkunjung ke masjid ini.

Sebaiknya apabila berkunjung ke masjid Kubah emas menggunakan jilbab bagi yang muslim atau baju panjang (sopan) untuk non muslim. Selain area masjid terdapat beberapa bagian yang bisa dikunjungi salah satunya adalah aula megah yang biasanya digunakan untuk istirahat dan juga taman yang dihiasi dengan bunga serta pohon rindang.

PhotoGrid_1440841139214PhotoGrid_1440840889459

So jangan lupa ya berkunjung ke Masjid Kubah Emas apabila kalian main di Depok. Atau jangan – jangan ada warga Depok yang belum pernah ke masjid ini?

xoxo

Nidi

Advertisements

4 thoughts on “Indahnya Masjid Kubah Emas

    1. @wizamrobbani Kalau denger cerita sih iya dibangun sama pedagang/pengusaha kaya gitu. Namanya dijadikan nama masjid ini Dian Al-Mahri. Rumahnya 1 kawasan kok dengan masjidnya šŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s